Sumber Foto : kanalhukum.id

3 Cara Jaman Now Agar Terhindar Berita Bohong di Media Sosial

Posted on

Media sosial? siapa yang tidak asing dengan media sosial, dari berbagai kalangan usia jaman now sudah banyak yang memiliki sosial media. Tapi kita harus bisa menjaga diri akan berita bohong (Hoax) yang kali ini sering muncul di media sosial. Apa sih Berita Bohong atau Hoax itu? Bagi yang awam berikut saya jelaskan, Pemberitaan palsu (bahasa Inggrishoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Bagi sebagai remaja masa kini harus punya iman is imun merupakan cara sehat untuk terhindar dengan berita palsu.

Berikut ini tiga tips agar remaja jaman now bisa menhindari berita palsu atau hoax :

Tabayyun (Cari Tahu Kebenarannya)

Tabayyun, merupakan cara bagaimana kita diwajibkan untuk meneliti taua mencari tahu kebenaran. Media sosial sangat mudah sekali untuk menyebar berita hoax, sehingga kita harus menyaring terlebih dahulu sebelum membagikan (Saring To Sharing). “Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang fasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.” (QS. Al-Hujurat [49]: 6).

Waspada Akun Anonim

Agar kita selamat dari berita bohong, abaikan akun-akun anonim di media sosial, terutama  yang mana akun anonim punya kebiasaan berkata-kata negatif secara serampangan. Hal ini mungkin terjadi karena mereka memang menggunakan akun bukan asli, sehingga merasa aman dari diketahui orang lain. Seperti mana syair “kaping telu… wong kang sholeh kumpulono..”

Siapa yang sering bersama penjual minyak wangi, maka ia pun akan menjadi wangi..

Perumpamaan Rasulullah dalam sebuah sabdanya itu mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam memilih teman. Ada kaidah penting yang bisa kita jadikan patokan untuk tetap menjadi muslim yang gaul. Seandainya hati kita bagaikan pensil warna yang berarti kita bisa mewarnai kertas di hati orang lain, maka berkawanlah sebanyak-banyaknya tanpa memilih. Karena jika kita orang baik, maka jika teman kita bersifat buruk akan terpengaruh pada kita sehingga menjadi baik. Sebaliknya, jika menurut pikiran sadar kita, bahwa hati kita bagaikan kertas yang berarti lebih mudah untuk dipengaruhi daripada mempengaruhi, maka berhati-hatilah dalam memilih teman, pilihlah orang-orang yang menjadikan kita lebih baik.

Berpikir secara logis

Bernalar mungkin biasa kita dengar. Tapi apakah sudah biasa dilakukan, ini mungkin yang penting untuk kembali dihidupkan. Bernalar adalah proses berpikir yang sistematis untuk memperoleh kesimpulan atau pengetahuan yang dapat bersifat ilmiah dan tidak ilmiah. bernalar merupakan selaras dengan tabayyun, sehingga berita yang kita cari kebenarannya apakah bermanfaat untuk orang lain.

Demikian semoga menjadi pembelajaran yang sehat agar kita tetap sehat berinternet. Anda juga bisa membaca artikel tentang Tuban Anti Hoax Lainnya.

*Berita ini juga dapat dibaca melalui versi AMP dan Segera Update aplikasi Perahu Layar Kertas untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

2 thoughts on “3 Cara Jaman Now Agar Terhindar Berita Bohong di Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.