BlankOn 7 Pattimura

Posted on
Bagaimana caranya berkontribusi untuk Indonesia salah satunya dengan cara menggunakan Sistem Operasi buatan anak negeri atau legal dimulai dari kita sendiri. Kambali lagi ke topik apa saja fitur terbaru dari BlankOn Linux 7.0 Pattimura? Berikut ulasannya yang dikutip dari situs resminya.

 

 

 

 

 

 

Aksara Nusantara

Pattimura mendukung enam jenis ”’Aksara Nusantara”’, yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Rejang dan Jawa merupakan penambahan terbaru di versi ini.

Kamus cepat Stardict

Pattimura menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.

Peramban web Chromium

Pattimura menyertakan peramban web Chromium versi 15 untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman dan sudah mendukung HTML5.

Pemutar lagu Exaile

BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, Inkscape, dan sebagainya.

Modem USB flip-flop

Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi Linux. BlankOn 7.0 Pattimura mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan BlankOn 7.0 Pattimura.

Album foto Shotwell

BlankOn 7.0 Pattimura menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.

Spesifikasi:

  1. Kebutuhan RAM minimum: 256 MB
  2. Kebutuhan prosesor minimum: 500 MHz
  3. Arsitektur: i386/32 dan AMD64
  4. Desktop: GNOME yang ditambahkan Blankon Panel
  5. Kernel Linux: 3.0.1
  6. Peramban: Chromium 15.0
  7. Pesan Instan Daring: Pidgin 2.9.0
  8. Surel: Evolution
  9. Pemutar Musik: Exaile
  10. Pemutar Film: Totem
  11. Perekam Cakram: Brasero
  12. Penyunting Video: Pitivi
  13. Aksara Nusantara: SCIM untuk Bali, Bugis, Batak, Sunda, Rejang, Jawa.
  14. Desktop Berkonteks
  15. Kemudahan Akses: papan tik virtual onBoard
  16. Gambar Vektor: Inkscape
  17. Editor Gambar: GIMP
  18. lbum Foto: Shotwell
  19. Libreoffice

Unduh
Untuk mengunduhnya dapat dilihat mirror-mirror berikut ini
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *