cara membuat radio online gratis

Posted on

Berikut ini beberapa langkah yang sederhana dan mudah untuk membuat radio Streaming, yang Anda butuhkan hanya sebuah hosting, winamp media player dan Shoutcast.

Sebelum mulai membuat radio streaming, daftar dulu ke tempat hosting untuk mengalirkan musik streaming Anda, Anda tidak perlu bayar untuk hosting sebab ada beberapa tempat hosting yang gratisan, tentunya dengan server dari luar negeri.

Untuk hosting gratis, silahkan daftar Disini, atau Disini untuk tahap pendaftarannya, Saya berasumsi Anda sudah tahu caranya, Saya rekomendasikan untuk membuat server di hosting yang pertama sebab konfigurasinya cukup mudah, langkah berikutnya silahkan download dulu Shoutcast dsp plugins


Berikutnya adalah persiapan untuk membuat radio streaming atau radio online, instal Shoutcast dsp plugin, pastikan winamp Anda dalam posisi tidak aktif, jika proses instalasi selesai, buka winamp Anda lalu klik kanan pilih Options+Preperens, tuju pada bagian DSP/EFFECT lalu pilih Nulsoft Shoutcast Source DSP.

Lakukan konfigurasi dengan memilih output, pilih Connection lalu masukkan  IP server yang anda dapatkan, misalnya Anda mendaftar hosting gratis di http://freestreamhosting.org/ maka sesuaikan dengan  IP Server Anda Contoh: Server IP / Host :s1.myradiostream.com.

Isi Nomor Port Anda Contoh: Server Port :57030, untuk Password isi dengan Password yang anda gunakan membuat Server Radio Online.

Berpindah ke tab Encoder, lakukan konfigurasi dengan memilih Mp3 Encoder

Jika Anda membuat Server Radio Online melalui http://freestreamhosting.org/, maka begitu Anda login pertama kali,  ketiga poin penting tersebut di atas 1. IP server . 2. Nomor Port. 3. Password, akan langsung Anda temukan.

Sebelum mulai megalirkan musik melalui freestreamhosting, pastikan bahwa IP Server Anda dalam posisi ready dengan melihat indikator yang ada pada control panel Anda, letaknya ada disebelah kanan, dengan keterangan: merah berarti off line dan kuning berarti siap untuk di aliri musik melalui Winamp media player, sementara untuk warna hijau berarti musik yang Anda putar melaui Winamp Media Player sudah Online dan dapat di dengarkan di seluruh Dunia. Jika Server Anda dalam posisi off line silahkan Anda klik Restart.
Sampai pada tahap ini, Radio Streaming Dengan Hosting Gratis Sudah Siap.

Untuk memasang Radio Online Anda pada Blog, Anda tinggal mengganti URL sumber suaranya, Contoh untuk URL Live Streaming Radio Online: http://s1.myradiostream.com:57030. untuk Contoh hasilnya Bisa dilihat DISINI
Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *