Jajanan Tiwul, dan Cara Membuatnya

Posted on

Pernah mendengar Jajan Tiwul dibuat dari gaplek? Tiwul sendiri Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan. Nah kali saya akan memberikan bagaimana mengolah gaplek menjadi tiwul, ide tulisan ink ketika dalam obrolan Grup WA di kampung saya sedang membahas makanan tradisional yang menyehatkan. Untuk kalian bisa mencoba dirumah masing-masing, simak tahapannya dibawah ini :

BAHAN-BAHAN

  • 350 gram singkong yang sudah dikeringkan
  • 150 gram Gula merah
  • 200 gram kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan yang panjangnya sekitar 20 cm, diikat simpul
  • 1 Lembar daun pisang
  • 350 ml gelas air
  • Garam secukupnya

CARA MEMASAK

  1. Singkong yang sudah dikeringkan (gaplek) ditumbuk sampai jadi seperti tepung, kemudian percikkan sedikit air, lalu tumbuk lagi sampai didapatkan butiran kecil-kecil. Sisihkan dahulu, karena ini merupakan bahan utamanya.
  2. Panaskan dandang atau kukusan, jangan lupa alasi dengan menggunakan daun pisang.
    Masukkan butiran kecil singkong tadi ke dalam dandang.
  3. Tambah gula merah yang sudah diserut di atas gaplek, harus rata ya, tapi nggak semua kena gula merahnya juga nggak apa-apa, lalu kukus selama kurang lebih 1 jam, kemudian angkat.
  4. Setelah itu kukus kelapa parut bersama dengan daun pandan dan tambakan garam secukupnya, selama kurang lebih 15 menit, kemudian angkat angkat.
  5. Nasi tiwul siap disajikan bersama dengan kelapa parut

 

Sekian ulasan saya tentang Jajanan Tiwul, dan Cara Membuatnya yang unik dan sederhana, semoga bermanfaat untuk kalian sobatkom pantura dan selamat mencobanya.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *