(sumber : solopos.com)

Literasi Digital : Mengapa Sangat Diperlukan Di Masa Sekarang?

Posted on

Perahulayarkertas.com – Literasi Digital, Apa itu yang dikatakan literasi digital?  Literasi digital bisa dikatakn ketertarikan, sikap dan kemampuan individu untuk menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat. Bagaimana tidak mungkin? berdasarkan infografis yang ada di laman kominfo.go.id bahwa untuk tahun 2017 ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia

Peringkat Indonesia dalam penggunaan internet

Sehingga disini perlu adanya sosialisasi dampak penggunaan media teknologi, dari sini literasi digital yang positif bisa dikembangkan. Dimana sudut kita bertemu seseorang pasti sedang asik dengan telepon pintar (smartphone), remaja masa milineal dan generasi Z, seakan-akan gadget menjadi barang yang tidak boleh terlupakan dalam kebiasaan sehari-harinya. Karena dengan penggunaannya lebih mudah dan simple tinggal klik browser atau aplikasi yang ada kita bisa menikmati apa saja yang kita perlukan. Untuk itu agar memberikan konten positif bagi perkembangan teknologi masa kini, Kominfo menlaunching 15 buku gratis terkait teknologi informasi yang tersasji di Laman LiterasiDigital.ID  untuk diunduh, dan apa saja bukunya :

  1. Internet Sehat Pedoman Berinternet Sehat, Aman, Nyaman dan Bertanggungjawab
  2. Pengantar Tata Kelola Internet
  3. Kiat Bikin Infografis Keren
  4. Kerangka Literasi Digital Indonesia
  5. Kebijakan Cybersecurity dalam Perspektif Multistakeholder
  6. Kajian Dampak Media Sosial bagi Anak dan Remaja
  7. Eksploitasi Seksual Pada Anak Online, Sebuah Pemahaman Bersama
  8. Keamanan Siber untuk e-Commerce
  9. Media Sosial untuk Advokasi Publik
  10. Web We Want (Pintar Internet bagi Pemuda/i)
  11. Seri Literasi Digital #ayoberubah bikin keren karaktermu
  12. Cakap Bermedia Sosial, Cerdas, Kreatif, dan Produktif
  13. Yuk, Temani Anak Berinternet!
  14. Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online
  15. Survey Penggunaan TIK 2017 (Wajib Dibaca)
Tampilan Laman literasidigital.id

Apa saja yang ditampilkan di halaman literasidigital.id ini, disini disajikan Buku, Video, Infografis, dan Artikel yang berkaitan  tentang teknologi informasi yang bertujuan mengajak masyarakat pengguna internet agar lebih positif dan mengurangi dampak negatif bagi anak-anak tentang kejahatan dunia online selengkapnya silahkan baca buku diatas. Sekian review saya tentang pentingnya literasi digital untuk internet positif.

Saksikan Video ASADESSA Dipublikasikan tanggal 10 Feb 2016 oleh Internet Sehat, Tentang Kisah desa dan warga yang bergerak dan berdaya membangun dirinya dengan Internet. Semangat dan kisah pilu terjalin dari ujung barat Indonesia hingga dusun pelosok hutan Kalimantan. :

 

ASADESSA dan LINIMASSA adalah film dokumenter tentang pemanfaatan Internet, media sosial serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh warga negara Indonesia untuk membangun dan memberdayakan diri, komunitas dan masyarakat sekitarnya. Film ini juga dalam rangka memperkaya khasanah konten lokal yang positif khas Indonesia di ranah maya. Sejumlah aktifitas penegakan hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi turut mewarnai kisah yang tercatat oleh ASADESSA dan LINIMASSA, selaras dengan kegiatan lainnya semisal pemberantasan korupsi, pemandirian penyandang disabilitas, pemberdayaan pengusaha mikro, serta penggiatan berbagai aktifitas kemanusiaan.
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

4 thoughts on “Literasi Digital : Mengapa Sangat Diperlukan Di Masa Sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *