Melatih Motorik Anak dengan Bermain Puzzle, dan Manfaatnya

Posted on

Perahulayarkertas.com, Tuban – Di era perkembangan teknologi jaman sekarang anak-anak kecil sudah terbiasa sibuk dengan gadget-nya untuk bermain game favoritnya. Mereka terlepas dengan hal yang melatih daya motorik si kecil, salah satu cara yang sederhana dengan bermain puzzle atau sering disebut “Bongkar Pasang”. Kata puzzle berasal dari bahasa Inggris = teka-teki atau bongkar pasang, puzzle adalah media yang dimainkan dengan cara bongkar pasang. secara pengertiannya permainan puzzle merupakan penyusunan dan penyesuaian model, atau bentuk dalam kondisi acak-acak. Dari jenisnya puzzle ini sangat beragam, Seperti berikut :

  • Puzzle Angka
  • Puzzle Gambar
  • Puzzle Geometri
  • Puzzle Konstruksi
  • Puzzle Blocks
  • Puzzle Logika
Puzzle Logika

Dari Berbagai jenis tersebut memiliki makna dan kategori yang berbeda, Puzzle angka biasa hanya terdiri dari penyusunan angka ke dalam tempatnya, biasa bentuknya mirip lembaran dan ada lobangnya berbentuk angka. Si kecil di ajakn memasukkan angka sesuai letaknya. Puzzle Gambar, Geometri, Konstruksi, inipun prosesnya sama seperti puzzle angka, berbeda dengan puzzle blocks dan logika si kecil diajak aktif untuk menyusun dan memecahkan masalah. secara umum manfaat puzzle adalah :

  1. Mampu Memecahkan Masalah (Problem solving)
  2. Mengembangkan kordinasi mata dan tangan
  3. Mengembangkan Keterampilan motorik anak
  4. Mengembangkan keterampilan kognitif
  5. Melatih Kesabaran

Dengan permainan tersebut, bunda bisa mengajak buah hati belajar dan bermain. Sehingga mampu melatih keseimbangan otak kanan dan kiri si buah hati. Semoga artikel Melatih Motorik Anak dengan Bermain Puzzle, dan Manfaatnya dapat memberikan wawasan bunda untuk harus memilih permainan yang cocok untuk si kecil.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *