Menambahkan Package ScreenSaver Pada Ubuntu 11.10

Posted on
Windows xScreenSaver

kembali ke screensaver, paket standar yang digunakan oleh ubuntu 11.10 untuk screensaver adalah gnome-screensaver. sepertinya fungsi si gnome-screensaver hanya seperti itu, mematikan layar, mengunci layar (jika diperlukan). sudah. tidak ada pilihan kala screensaver aktif akan menggunakan tampilan grafis seperti apa. hnah…untuk mendapatkan tampilan grafis kala screensaver aktif, ternyata kita harus menggunakan paket yang lain. syaratnya, kita harus hilangkan dulu paket gnome-screensaver yang sudah terpasang:


# apt-get remove –purge gnome-screensaver

setelah proses menghilangkan selesai, baru kita pasang paket yang namanya xscreensaver. kalau kita mengacu pada tulisan lain, ada paket-paket lain yang disertakan. silahkan pilih. tapi saya sendiri mengikuti acuan pada tulisan lain tersebut :). jadi selain memasang paket xscreensaver, saya juga memasang paket xscreensaver-gl-extra danxscreensaver-data-extra.

# apt-get install xscreensaver xscreensaver-gl-extra xscreensaver-data-extra

hnah…pada acuan tulisan lain yang saya sertakan ada proses yang menyatakan kita untuk menambahkan xscreensaver pada startup applications. saya pun melakukannya. tapi, coba nanti jangan lakukan apa yang saya lakukan pada tahap ini. karena begitu aplikasi xscreensaver dipanggil ada semacam

peringatan yang translasi bebasnya kurang lebih seperti ini, “daemon gnome-screensaver sedang aktif. xscreensaver tidak bisa aktif jika daemon ini aktif. matikan? ya atau tidak.” dan begitu kita pilih tidak, akan ada lagi semacam peringatan, “aktifkan daemon xscreensaver? ya atau tidak.” dicoba saja. kalau tidak yakin, ya silahkan dicoba cara pada tulisan lain tersebut :).

setelah terpasang, silahkan panggil melaui dash dengan kata kunci “xscreensaver” nanti akan muncul aplikasi denganwindow seperti ini

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *