MODUL 1 | Fungsi dan Penggunaan Elemen – Elemen C++

Posted on
putra PANTURA
1.    Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
2.    algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah.
3.    Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna.


4.    Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
5.    Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program.
6.    Deklarasi dan definisi adalah langkah awal dalam setiap penulisan program tidak terkecuali dalam bahasa C++. Deklarasi dan definisi diperlukan untuk semua tipe data termasuk tipe data bentukan user (user-defined type).
7.    inisialisasi adalah proses pemberian nilai / memberi nilai pada sebuah variabel dan pada tipe data
8.    Indentifier adalah nama yang diberikan untuk nama objek, nama fungsi, nama
    variable, dll ( sifatnya ‘case sensitive’). Identifier pada C++ terdiri dari :
    1. huruf ‘A’ sampai ‘Z’
    2. huruf ‘a’ sampai ‘z’
    3. underscore ( _ )
    4. bilangan antara ‘0’ sampai ‘9’
    Ketentuan dalam memberi nama identifier dalah C++ adalah :
    1. karakter pertama harus huruf atau underscore
    2. untuk compiler Borland, panjang maksimum 32 karakter
    3. identifier harus tidak sama dengan keyword yang ada di C++
9.    Case sensitive adalah merupakan sifat huruf dalam pemrograman dibedakan dalam besar kecil huruf yang kita pakai dalam bahasa pemrograman.
10.    Variabel itu adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.
    Nama dari suatu variable dapat ditentukan sendiri oleh pemrogram dengan aturan sebagai berikut :
    Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara nim, NIM dan Nim dianggap berbeda.
    · Tidak boleh mengandung spasi.
    · Tidak boleh mengandung symbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Yang termasuk symbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, = dsb
    · Panjangnya bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.
    Contoh penamaan variabel yang benar : NIM, a, x, nama_mhs, f3098, f4, nilai, budi, dsb.
    Contoh penamaan variable yang salah : %nilai_mahasiswa, 80mahasiswa, rata-rata, ada spasi, penting!, dsb
    variabel, dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu :
    · Variabel Numerik
    · Variabel Teks
    Variabel Numerik
    Variabel numerik ini dibagi menjadi menjadi 3 (tiga) macam :
    · Bilangan Bulat atau Integer
    · Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau Floating Point.
    · Bilangan Desimal Berpresisi Ganda atau Double Precision.
    Variabel Text
    Character ( Karakter Tunggal )
    String ( Untuk Rangkaian Karakter )
    Deklarasi Variabel
    Penjelasan Adalah proses memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih dulu maka Borland C++ tidak menerima variabel tersebut.
    Deklarasi Variabel ini meliputi tipe variabel, seperti : integer atau character dan nama variabel itu sendiri. Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh tanda titik koma ( ; )
11.    Tipe data merupakan format yang digunakan untuk menginisialisasi sebuah variabel, dimana variabel tersebut mempunyai ukuran, size maupun bertipe string, character ataupun number.
12.    File header yaitu file yang berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Beberapa file-judul sudah disediakan di C. File-file ini mempunyai ciri bereksistensi .h. file-file header ini biasanya dipanggil menggunakan fungsi include. Fungsi include sendiri merupakan salah satu jenis pengarah praprosesor yang dipakai untuk membaca file-file header itu sendiri.
13.    Keyword adalah kata kunci yang digunakan dalam pemrograman untuk fungsi-fungsi tertentu. Dalam pemrograman c++ keyword dikenali oleh compiler dengan cara mendeklarasikan file headernya, tetapi ada juga keyword yang tidak perlu untuk mendeklarasikan file header. keyword merupakan pernyataan singkat dan mempunyai fungsi tertentu sehingga sangat fleksibel dan mudah dalam penggunaan dalam pemrograman.
14.    Operator pada bahasa pemroograman digunakan untuk mengoperasikan satu atau lebih
operand. Pada bahasa pemrograman C++, terdapat beberapa jenis operator Compiler pada C++ akan melakukan kompile berdasakan prioritas masing‐masing operator.
Prioritas masing‐masing operator dapat dilihat pada tabel. Operator yang terdapat pada baris pertama
memiliki prioritas paling tinggi. Artinya compiler akan selalu melihat operator yang memiliki prioritas
paling tinggi terlebih dahulu.
15.    operand adalah nilai atau numerik/abjad yang akan di operasikan
16.    ukuran memori adalah Ukuran memori yang diperlukan untuk masing-masing tipe data sangat bergantung pada perangkat keras dari komputer yang digunakan. Karena itu jangkauan bilangan dari masing-masing tipe data juga bisa berlainan antara satu jenis mesin dengan mesin lainnya. Nilai yang tercakup pada tipe data bilangan (bulat maupun pecahan) pada arsitektur PC yang berbasis DOS, adalah sebagai berikut:

2. Operator ” << ” ( Tanpa tanda petik ). Operator ini digunakan sebagai penghubung antara stream dengan kalimat. Operator ini disesuaikan dengan fungsional dari cout. Untuk sementara bayangkan saja operator << sebagai arah dari aliran data. Jadi karena kita ingin mencetak kalimat ke layar, dan yang menghubungkan program kita dengan layar dengan cout, otomatis kita harus mengirimkan kalimat ke cout. Maka operator << digunakan, yang berarti kalimat dialirkan ke arah cout, dan cout akan mencetaknya ke layar. 
Operator ” >> ” ( Tanpa tanda petik ). Berbalik dengan operator yang digunakan pada cout. Disesuaikan dengan fungsional cin, yaitu jika kita ingin menerima sembarang inputan dari user. dan akan disimpan pada sebuah variabel. 
3. Program C++ terdiri dari satu atau lebih fungsi, dan di antara salah satunya harus ada fungsi main dan hanya boleh ada satu main pada tiap program C++. Setiap program C++ akan dan pasti akan memulai eksekusi programnya pada fungsi main ini, meskipun main bukan fungsi yang pertama ditulis di program.
Melihat bentuk seperti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama berada didalam fungsi main( ). Berarti dalam setiap pembuatan program utama, maka dapat dipastikan seorang pemrogram menggunakan minimal sebuah fungsi. Tanda { dan pada akhir program terdapat tanda }. Tanda { harus ada pada setiap awal dari sebuah fungsi dan tentu saja harus diakhiri dengan tanda }. Tanda ini digunakan untuk menunjukkan cakupan (scope) dari sebuah fungsi, dimana untuk menunjukkan fungsi ini dimulai dan berakhir.

5. Array merupakan kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan nama yang sama. Dengan menggunakan array, sejumlah variabel dapat memakai nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh suatu index.
Deklarasi Array 1 Dimensi :
tipe nama_var[max_data];
Contoh:
int a[5];
float x[100];
char nama[25];

6. Soal: int A[10], diket. &A[0] = H1000

   Berapa &A[7]?

int berukuran 2 byte

Perpindahan 7-0 = 7 * 2 byte = 14 byte

Maka H1000 + 7 = H100E





download modul disini

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *