Situs Candi Bulu, Desa Bulujowo

Posted on
Tak gampang merawat peninggalan sejarah. Candi Bulu, di dusun karang candi, Desa Bulujowo, Kec. Bancar, kini tinggal namanya yang di kenang. Bentuk candi tersebut sudah tertutup gundukan tanah dan hanya menyisakan lima batu.

Ketika anda melewati jalan AMD, Baik dari arah pertigaan sukolilo dan perempatan SDN banjarjo pasti anda akan menemui sebuah tempat ini. Yaitu berada di sebelah timur lapangan desa Bulujowo, persis di samping jalan menuju candi (gundukan tanah yang tinggi,red) yang sekarang berubah menjadi pemakamam, di ujung jalan tersebut terdapat lima batu besar dengan bentuk tak aturan, mungkin gapura jaman dulu, terletak 150m dari pusat candi ke selatan. Sesuai yang dikutip putra-pantura.co.cc pada harian radar bojonegoro (20/6) “seng ketok cuma gundukan saja, batu candinya wis nggak ketok,” ujar sardi, warga desa bulujowo.

Dulu BP3 Trowulan juga pernah melakukan penggalian di TKP, Tapi tidak di lanjutkan lagi. Candi itu ada sebelum islam masuk, dengan luas 25m persegi itu dinilai sama dengan candi di kompleks museum Kambang Putih. ” Candi watu tiban ada tulisannya sirno ilang kertaning bumi. Sirno=0, ilang=0, arta=4, bumi=1 dibaca 1400 tahun saka atau 1478 masehi, sesuai yang di sebutkan pada harian tersebut.

Pada referensi lain, Gesmaja. Bukti adanya candi seperti ada batu seperti “Lumpang” tempat numbuk, batu berbentuk. Sampai sekarang pun saya masih menanti tanda tanya tentang cerita yang benar fakta. Sehingga sampai muncul berita “situs candi bulu di desa bulu jowo, kecamatan bancar tinggal nama”. Jika anda pengen melihat atau penasaran datang aja.

nusantara kita

sumber : 1. Radar Bojonegoro 2. Gesmaja

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

5 thoughts on “Situs Candi Bulu, Desa Bulujowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *