Teknologi Keramba Ikan Apung, Solusi Terkini Budidaya Ikan

Posted on

Teknologi budidaya ikan dalam keramba jaring apung (KJA) merupakan salah satu teknologi budidaya ikan yang sesuai untuk optimalisasi pemanfaatan sumberdaya perairan khususnya perairan danau dan waduk di Indonesia, yang luasnya 2,1 juta hektar. Namun akhir-akhir ini keramba ikan apung juga digunakan di perairan laut. Salah satunya di kecamatan Bancar, Tuban dilakukan pembudidayaan ikan kerapu dengan keramba apung yang pada tanggal 2 Mei 2018 mendapat kunjungan Bupati beserta istrinya, yang berangkat melalui dermaga UPT P2SKP Bulu. Dilokasi Bupati dan pengelolaan keramba apung berdialog tentang cara tebar benih hingga panen.

APA TEKNOLOGI BUDIDAYA IKAN KJA (KERAMBA JARING APUNG) GANDA DAN TUNGGAL?

Teknologi KJA ganda yaitu pemeliharaan ikan dalam KJA dengan jaring dua tingkat (dua lapis) jika Tunggal hanya terdiri satu tingkat (satu lapis) jaring. Untuk ganda Tingkat 1 (jaring lapis dalam) untuk pemeliharaan ikan utama, seperti ikan mas, sedangkan tingkat 2 (jaring lapis luar) umumnya dipelihara ikan yang mampu mendapatkan sisa pakan dari jaring lapis dalam, ataupun yang dapat memakan lumut/organisme yang menempel di jaring, seperti ikan nila. Jaring lapis luar umumnya lebih lebar (0,5-1,0 m) dan lebih dalam (1,0 – 2,0 m) dari jaring lapis dalam.

Penekanan utama penggunaan teknologi jaring ganda adalah pada pemeliharaan komoditas ikan mas. Hal tersebut didasarkan pada hasil penelitian, bahwa pemeliharaan ikan mas menggunakan KJA satu lapis ukuran 7x7x2 m (98 m2) dengan padat tebar ikan 100 ekor/m3 yang menghasilkan produksi 20-25 kg ikan/m3, dan konversi pakan 2-3 ternyata terbukti sebesar 30-40% pakan yang diberikan terbuang (tidak dapat dimanfaatkan oleh ikan mas).

Panen Ikan Kerapu




Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

One thought on “Teknologi Keramba Ikan Apung, Solusi Terkini Budidaya Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *