3D Desktop Canggih dengan Compiz Fusion di Linux

Posted on

Jika ada yang menyangsikan desktop Linux tidak seindah tampilan desktop sistem operasi lainnya, mungkin mereka harus melihat 3D Desktop Compiz Fusion yang terdapat di Linux. Dengan modal 3D Video Card plus paket Compiz Fusion, Anda sudah dapat menghadirkan nuansa 3D Desktop yang sangat canggih di desktop Linux.
Pilih menu > All Aplication > Preferences > CompizConfig Setting Manager. Setelah jendela “CompizConfig Settings Manager” muncul, kita akan membahas sejumlah plugins berikut.
1. Desktop Cube & Rotate Cube
Salah satu efek yang menarik dalam Compiz Fusion. Efek ini dapat menghadirkan tampilan desktop dalam bentuk kotak kubus, atau berpindah dari satu window ke window lainnya dalam mode kubus. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang (v) pada plugins Desktop Cube dan Rotate Cube yang terdapat di kategori Desktop.
 Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini. Melakukan Rotasi Cube. Tekan Ctrl + Alt + Clik kiri mouse ke window border salah satu aplikasi, tahan, dan gerakkan ke arah yang Anda inginkan.

Catatan: Tanda +, tidak perlu Anda tekan. Efek perpindahan dari satu work-space ke workspace lainnya. Tekan Ctrl+Alt+Down Arrow. Atau Ctrl+Alt+Arrow.
2. Expo
Efek untuk men-zoom out dan melihat semua port dalam satu waktu. Efek ini berguna untuk berpindah dari tampilan workspace yang satu ke workspace yang lainnya. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang pada Expo yang terdapat 1pada kategori desktop. Beberapa shortkey yang digunakan dalam efek ini.
 – Mengaktifkan Expo. Tekan dan tombol super (tombol Windows) + e.

3. Water Effect
Anda dapat menghadirkan efek air dalam desktop. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang pada plugins Water Effect yang terdapat di kategori Effect.
 Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini:

– Enable Water Effect. Tekan Shift+F9.
– Disable Water Effect. Tekan kembali Shift+F9.
– Efek mengelap air. Tekan Shift+F8.

4. Motion Blur
Plugins ini jika Anda pilih dapat menghadirkan efek blur pada saat Anda menggeser suatu aplikasi. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang (v) pada plugins Motion Blur yang terdapat di kategori Effect. Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini:

– Enable Motion Blur. Tekan Ctrl+F12.
– Disable Motion Blur. Tekan kembali Ctrl+F12.
– Membuat motion Blur. Tekan Window Border salah satu aplikasi, kemudian gerakan ke arah yang Anda inginkan.

5. Paint Fire on Screen
Plugins ini jika Anda ingin menghadirkan tampilan api yang sedang terbakar di halaman desktop. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang (v) pada plugins “paint Fire on The Screen” yang terdapat di kategori Effect.

Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini:
– Enable Paint Fire on Screen. Tekan Shift+Super+Click kiri mouse. – Disable Paint Fire on Screen. Tekan Shift+Super+C

6. Cube Gears
Salah satu plugins yang dapat menempatkan tampilan gears di dalam Desktop Cube. Tampilan efek gears di dalam cube baru akan terlihat, jika Anda telah mengaktifkan transparent cube. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang pada plugins Cube Gears yang terdapat di kategori Effect. Tak berapa lama kemudian, akan muncul halaman konfirmasi agar Anda menginstalasi efek Desktop Cube. Jawab saja dengan Ya. Setelah semua dilakukan, masuk ke halaman konfigurasi Desktop Cube. Pada halaman utama konfigurasi Desktop Cube, pindah ke Tab Transparent Cube. Ubah besar nilai Opacity During Rotation menjadi 50%. Setelah semua di lakukan, Anda dapat segera merotasi Desktop Cube untuk melihat efek gear di dalam Cube.

7. Splash
Plugins yang dapat menampilkan efek splash screen di tampilan desktop. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang pada plugins efek Splash yang terdapat di kategori Extras. Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini: – Enable Splash. Tekan Ctrl+F11
8. Mobbly Window
Plugins yang dapat menampilkan efek windows yang melayang pada saat kita menggeser window border suatu aplikasi. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang (v ) pada plugins Wobbly Windows yang terdapat di kategori Effect.

9. Shift Switcher
Dapat menampilkan efek 3D saat ingin berpindah-pindah dari suatu aplikasi ke aplikasi lainnya yang sedang berjalan pada desktop. Untuk mengaktifkan efek ini, beritanda centang pada plugins Shift Switcher yang terdapat di kategori Window Management. Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini:
– Mengaktifkan Shift Switcher. Tekan Shift+ Super+S
– Next Window. Tekan Super+Tab
– Next Window (All Workspaces). Tekan Alt+Super+Tab
– Previous Window. Tekan Shift+Alt+Super+Tab
 10. Cube Reflection and Deformation
Salah satu efek yang menarik dalam Compiz Fusion. Efek ini dapat menghadirkan tampilan desktop dalam bentuk silinder, saat berpindah dari satu window ke window lainnya. Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang (v) pada plugins “Cube Reflection and Deformation” yang terdapat di kategori Effects.
 Beberapa Short-key yang digunakan dalam efek ini. Melakukan Rotasi Cube. Tekan Ctrl + Alt + Clik kiri mouse ke window border salah satu aplikasi, tahan, dan gerakkan ke arah yang Anda inginkan
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.