5 Hal Tersembunyi Dibalik Nulis Blog, Blogger Wajib Tahu!

Posted on

Teknologi kian hari semakin selalu muncul inovasi terbaru, dari yang dulu hanya bisa diakses menggunakan PC berkembang menjadi laptop, hingga jaman now! anak muda-mudi bisa mengakses dalam genggaman, dimanapun, kapanpun yang bisa dalam satu sentuhan perangkat telepon pintar (smartphone) -nya. Salah satu yang mengikuti trend teknologi yaitu blog, mengapa? dengan adanya perangkat pintar kita bisa nulis blog melalui HP dan tidak perlu susah-susah pergi ke warung internet.

Apa sebetulnya Blog itu? Blog merupakan halaman personal atau sering dikategorikan website pribadi yang menjadi media tulis-menulis, catatan, hingga penyimpanan karya tulis, dan sebagainya. Anak Muda Sekarang mungkin lebih menyukai hal ini, jaman sekarang tidak punya blog ya gak gaul sih, why??? karena sebetulnya dengan belajar atau nulis blog memiliki 5 hal yang tersembunyi yang menguntungkan. Mau tahu??

5 Hal Ilmu Tersembunyi Ketika Anda Belajar Blog :

1.Mampu memahami Ilmu HTML, Javascript, CSS

Mungkin tidak semua blogger memahami tentang dunia pemrograman yang ada pada bangku SMK maupun Kuliahan, dengan memiliki blog dan mempercantik tampilannya yang sering kita sebut Template / Themes dengan ini secara otodidak dan bertukar ilmu dari teman-teman, komunitas bisa belajar ilmu HTML dan CSS tersebut. Ilmu ini mungkin tidak disadari oleh para blogger.

2. Mengerti tentang Dunia Literasi (Tulis-Menulis)

Dalam menggeluti dunia blogger, maka tidak terlepas dengan dunia tulisan, banyak kawan-kawan yang dalam komunitas mungkin tidak memiliki pengalaman dasar yang sama, ada yang jago literasi dan mampu menghasilkan tulisan yang friendly mudah dipahami. Sehingga kita bisa saling belajar dengan mereka, atau bahkan kita bisa memberikan ilmu yang dimiliki untuk mereka yang tidak memahami hal tersebut.

3. Memperbanyak Teman di Sosial Media dan Nyata

Pada poin ketiga ini memang sangat menjadi kunci utama seorang penulis blog, ketika sharing artikel blog di sosial media yang dimiliki bisa menambah teman dalam bentuk masukan/komentar. Blogger sendiri menjuluki aktivitas ini dengan kata blogwalking. Blogwalking ini biasanya dilakukan antar komunitas, antar anggota komunitas yang bertujuan membaca artikel atau gagasan teman, yang menjadi masukan dari penulis lainnya dan meninggalkan jejak berupa komentar. Pemilik Blog yang melakukan Visiting Back dapat menambah kenalan dan keakraban menjadi cikal kopdar (Kumpul Bareng) dalam masyarakat.

4. Mempelajari Bisnis dan Belajar Menjadi Pebisnis

Mengapa belajar blog termasuk bisnis? tentu saja bisa!. Apa ngeBlog termasuk Belajar Menjadi Pebisnis? Ya, .. Mungkin tidak asing bagi yang sudah lama bermain blog, tentang Adsense. Adsense ini salah satu yang menjadi kita pebisnis dan belajar bisnis dalam bermain blog selain kita mengikuti Job Review dari perusahaan.

5. Mampu Memahami Hosting dan Domain

Bagi yang menggunakan blog selfhosted maupun hosted hal ini sangat populer, yakni Hosting dan domain. Bermain blog secara tiba-tiba atau otodidak kita mempelajari hal tersebut, seperti hanya ilmu HTML seperti poin pertama.

Itulah 5 Hal Tersembunyi Dibalik Nulis Blog, Blogger Wajib Tahu!. keren kan menjadi blogger itu, selain menyampaikan informasi yang benar (No Hoax) juga dapat ilmu yang belum tentu kita miliki.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

11 thoughts on “5 Hal Tersembunyi Dibalik Nulis Blog, Blogger Wajib Tahu!

  1. Alhamdulillah dari ngeblog yang cuma ketemunya di dunia maya, bisa ketemu teman-teman blogger di dunia nyata. Dari yang saling komen2 di blog dan akun sosmed akhirnya bisa ketemuan. Sambil jalan-jalan bisa ketemuan. Tapi untuk ngoprek blog, saya masih parah maksimal.

  2. Setuju dan aku pun suka tak suka jadi belajar HTML ditambah hal lainnya adalah jadi nambah pertemanan. Alhamdulilah ngeblog banyak manfaatnya ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.