51 Km Persegi Hutan Indonesia Rusak,Bagaimana?

Posted on

Kabar buruk muncul terkait dengan kerusakan hutan kita, sedikit demi sedikit gundul. Dalam artikel sebelumnya saya Ngerembug bab ngalestariake kaunggulan alam nagari kita yang di posting dalam bahasa jawa. Hutan adalah paru-paru negara, karbondioksida dari asap kendaraan dan pabrik diserap oleh pohon untuk fotosintesis. Nah daripada panjang lebar tentang hal ini.

Saya akan menanggapi bacaan dari media cetak jawapos (23/05/2010) dengan judul “setiap hari, 51 km persegi hutan indonesia rusak”. Dan mendapat predikat yang mengkhawatirkan yaitu laju kerusakan hutan tertinggi di dunia. Bahkan tercatat dalam buku rekor dunia (Guinness book of world records) sebagai negara dengan kerusakan hutan terbesar di dunia,yaitu 1,8 juta hektare per tahun.

” kondisi hutan indonesia sudah mengkhawatirkan karena 1,8 juta hektare hancur atau rusak pertahun. Jadi,butuh perhatian banyak pihak, ” ujar kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Umar Anggara Jenie Kemarin (22/5/2010-jawapos).

Bayangkan berapa populasi beragam jenis hewan dan tumbuhan yang musnah. Karena habitat yang telah menyempit akibat kita kurang mempunyai “greget” atau kemauan untuk melestarikan hutan maupun alam kita, ingat pelajaran sewaktu kita menuntut ilmu di bangku sekolah dasar yang memberikan “aturan tebang pilih-tanam” yaitu menebang pohon dengan memilah-milah yang akan ditebang dan menganti dengan bibit pohon baru sebagai pengganti. Prestasi yang perlu diperhatikan, jadikan indonesia dengan prestasi hutan yang positif demi membantu “Green Peace and Global Warming”. Karena hutan juga aset yang tidak ternilai bagi masa depan bangsa.(artikel renungan/fie)

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.