Bocah Kelas 3 SD Menangi Kompetisi Robotika

Posted on
Surabaya – Meski umurnya baru 9 tahun dan belum berpengalaman, Ichdan Rasyid mampu menyingkirkan rivalnya dari SD, SMA dan SMK se-Jatim dalam kompetisi robotika. Tak tanggung-tanggung, Ichdan meyabet juara I di Single Line Tracer Analog Smanisda Cup (LTASC) 2011 yang digelar di SMAN 1 Sidoarjo tanggal 2 April lalu.

Kepada detiksurabaya.com, Ichdan yang masih duduk di bangku kelas 3 A di SD Muhammadiyah 4 Surabaya ini mengaku sempat kesulitan saat masuk di tahap soldering (proses menyolder, Red) kabel.

Maklum, bocah yang baru mengikuti ekstrakulikuler (ekskul, Red) Robotika di sekolahnya, sebelumnya belum pernah merakit robot. Alhasil, selama proses seminggu mempersiapkan Robot Nabito andalannya, jari telunjuknya sempat terluka sebab tersengat alat solder.

“Yang paling susah saat menyolder, tapi nggak masalah kalau hasilnya bisa menang juara satu,” kata Ichdan saat berbincang dengan detiksurabaya.com di sekolahnya SD Muhammadiyah 4 Jalan Pucang, Jumat (8/4/2011).

Ichdan mengaku cukup sering berlatih saat akan menyiapkan karya yang ia lombakan. Bahkan, saat weekend Sabtu ataupun Minggu, ia masih saja tetap berlatih bersama guru pendampingnya di ekskul Robotika. Beruntung, orangtua Ichdan sangat mendukung kegiatan barunya itu.

“Saat persiapan lomba, saya tiap sabtu dan minggu tetap berlatih, bahkan diantar orang tua,” terangnya.

Kini, setelah menjuarai lomba LTASC 2011, Ichdan memiliki koleksi baru robot kesukaannya. Berkat Robot Nabito hasil karyanya yang menjadi juara di LTASC 2011 2 April lalu, ia berhasil memiliki Moze Zolving hasi kejuaraan lomba tersebut.

Norma Anggara – detikSurabaya
 
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.