Cari Tahu Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Posted on

perahulayarkertas.com – Musim penghujan atau sering beraktfitas diluar lapangan yang menguras tenaga dan harus menjaga stamina tubuh. Salah satu cara untuk menjaga stamina dan metabolisme tubuh, sobatnet pantura jangan khawatir… Kali ini saya akan memperkenal salah satu buah yang unik jenis umbi merah bit (Ubi Bit Merah) dalam bahasa latinnya beetroot dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva. Karena warnanya yang merah keunguan yang kuat, selain untuk makanan, juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan alami.

Buah Bit banyak orang di konsumsi sebagai minuman jus, maupun di kukus sebagai makanan camilan. buah bit lebih dikenal masyarkat dari umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah. Manfaatnya buat bit mampu menurunkan hipertensi, meningkatkan stamina, dan masih banyak sebagainya.

Kandungan Buat Bit (BeetRoot) dalam 100g dalam Data Nutrisi USDA :

Karbohidrat9.96 g
– Gula7.96 g
– Serat pangan2.0 g
Lemak.18 g
Protein1.68 g
Vitamin A equiv.2 μg (0%)
Tiamina (Vit. B1).031 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2).027 mg (2%)
Niasin (Vit. B3).331 mg (2%)
Asam Pantotenat (B5).145 mg (3%)
Vitamin B6.067 mg (5%)
Folat (Vit. B9)80 μg (20%)
Vitamin C3.6 mg (6%)
Kalsium16 mg (2%)
Besi.79 mg (6%)
Magnesium23 mg (6%)
Mangan0.3 mg (15%)
Fosfor38 mg (5%)
Kalium305 mg (6%)
Natrium77 mg (3%)
Zink.35 mg (4%

Manfaat Buat Bit :

  • Mengatasi penyakit hipertensi, Mengapa dapat menurunkan hipertensi? karena buah bit mengandung kalium yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi, dan sangat cocok untuk penderita hipertensi.
  • Menjaga stamina tubuh, dalam sebuah penelitian Universitas Exter (Inggris) kandungan nitratnya mengurangi pembakaran oksigen dalam berolahraga, sehingga dapat berolahraga lebih lama.
  • Mencegah anemia, Kandungan zat besi yang sangat tinggi, mampu mencegah anemia. selain  buah bit yang mengandung zat besi, banyak makanan lainnya yang mengandung zat besi diantaranya hati sapi, sarden, daging sapi, telur, asparagus, bayam, labu, kacang merah, alpukat, markisa.
  • Mengatasi masalah kesehatan pada pencernaan, karena buat bit mengandung serat yang tinggi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
  • Menurunkan kadar kolesterol, Mengkonsumsi buah bit setiap hari juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. untuk pengolahan bisa dibuat jus maupun dikukus.

semoga ulasan artikel yang saya jabarkan bermanfaat buat sobatnet pantura, selain makan nutrisi baik dari buah-buahan, sayuran, kita juga harus pola hidup sehat dan menjadi sehat itu murah.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

4 thoughts on “Cari Tahu Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

  1. Buah bit sudah ada di pasar Pramuka. Cuma aku bingung mau diolah jadi apa biar enak dimakan. Setahuku sih sering dipakai buat campuran cake. Kalau yang dikukus belum pernah nyoba. Hihi… kayaknya perlu deh mengkonsumsi buah bit karena banyak manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.