Dampak Terlalu Lama Di Komputer dan Cara Mengatasinya

Posted on

Dampak Terlalu Lama Di Komputer menjadi hal buruk bagi semua penggunanya, banyak yang menjadi hal gangguan negatif baru muncul bagi kesehatan, Mata Merah, Sakit Punggung, Nyeri Leher, Pembekuan Darah karena peredaran darah yang kurang lancar. Namun dari semua kabar buruk tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :

  • Minumlah lebih banyak air

    Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan anda untuk sering pergi ke toilet seperti anyang-anyangan

  • Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali

    Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan.

  • Gunakan tangga

    Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian ‘olahraga ringan’. Hal ini dapat membuat tubuh anda lebih bugar.

  • Gunakan meja yang fleksibel

    Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

  • Hampiri rekan kerja anda

    Hampiri langsung rekan kerja anda bila ingin menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat seperti SMS maupun BBM.

Bagi rekan-rekan sobatkom pantura yang sering duduk terlalu lama dikomputer akan memiliki banyak resiko, orang yang bekerja seharian tanpa ada jeda untuk istirahat atau meregangkan otot resiko akan mata lelah. Anda tentu tahu bahwa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer itu tidak sehat. Apa lagi kalau pekerjaan mengharuskan Anda memelototi layar komputer sampai 9 jam sehari! Mata mungkin bisa sakit atau menjadi sangat lelah.

Kenapa mata lelah setelah berlama-lama menatap komputer?

Mata lelah karena terlalu lama berada di depan komputer biasanya disebut sebagai sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome. mengapa demikian? karena Terlalu lama di depan komputer, dan juga di perangkat digital lainnya, membuat kita berkedip lebih sedikit. Umumnya seseorang berkedip 18 kali semenit.

Secara umum gejala mata lelah, yaitu:

  • Mata iritasi atau tegang
  • Sulit untuk fokus
  • Mata kering atau basah
  • Penglihatan ganda atau kabur
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, pundak, atau punggung

Dengan artikel ini semoga sobatkom pantura dapat mengatasi jika dalam pekerjaan sehari-harinya harus menatap layar monitor laptop/pc/perangkat digital lainnya secara terus.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *