Daun Daun Asmara SMA

Posted on

DAUN DAUN ASMARA




Di sebuah pedesaan kawasan pesisir pantura hidup seorang bocah kecil
yang manis dengan kulit putih merona,Afie namanya.


Sejak bocah itu berjalan,keluarganya sangat hidup sederhana,Afie
adalah anak kecil yang selalu berpenampilan rapi,tak seperti teman
sebayanya


ketika Afie umur 3,5 tahun ikut kedua orang tuanya merantau ke kota
metropolitan jakarta.pada umur itu kehidupan Afie sangat
surut,Bapaknya yang tidak kerja dan kurang perhatian sama anggota
keluarga.
Selama di jakarta Afie yang semakin cakep,maklum jakarta tak sepadat sekarang.


Ketika usia 5 tahun afie pulang kampung,dan dia udah pinter membaca
dan menulis,akhirnya masuk di TK aisyiah bustanul Atfhal menjadi anak
pandai,pemberani,dan lucu..ketika berangkat dia naik sepeda kecil
warna biru,,tak terasa afie masuk ke SD Negeri tepat umur 7 thn dalam
keseharian di sekolah ataupun di rumah Afie tergolong anak rajin dan
disiplin sertah amanah,berangkat sekolah pun tak pernah terlambat satu
kali pun,selama 6 tahun dia selalu bintang kelas,bersaing dengan teman
ceweknya sebut dia Anie,namun dalam persaingan itu banyak
temen-temennya afie dan anie ada rasa cinta yang mulai semi.
Ketika perpisahan membuat hatinya berdebar apa t’lah jatuh cinta..
Perpisahan dari mereka ada yang ke kota ada juga menetap di desa,afie
memilih meneruskan ke sebuah SMP MUHAMMADIYAH dekat rumahnya dengan
alasan ingin memperdalam ilmu agama dan sains.mulai kegiatan mengaji
dan belajar bahasa arab dia lalui selama kurang lebih 3 tahun,dalam
menempuh ilmu afie mempunyai kenangan indah akan cintanya,ketika itu
datang gadis manis bernama IES dan berkata
“hay,afie ma’af jika ku lancang akan hal ini”ucap ies
dalam hati afie udah tahu maksut ies,bahwa dia menaruh hati padanya
“ehm,ies maksut mu apa sich?”tanya afie
“bolehkah aku duduk di samping mu dan menerima ku apa adanya”pinta afie
pikiran pun bingung bagaimana menjawabnya
“ma’af kita temen aja,aku belum bisa bersama”balas afie
“ya ma’af dech”jawab ies
Tapi kenapa selama 3 tahun kelakuan aneh ies selalu muncul di hadapan
afie,mulai senyum sendiri,mencuri foto dalam tas afie,yang bikin
jengkel dia mengirim surat yang memaksa afie menerimanya secara
rahasha,afie pun membalasnya, tapi tak lama hub.asmara dia terbongkar
ketika afie memutuskan berpisah,dan jalan sendiri dalam acara purna
siswa ..


Kemudian afie melanjutkan di sebuah SMA negeri di luar kecamatan
tempat dia tinggal,sekitar 19km,perjalanan masa orientasi siswa
(MOS),Selama 3hr pun selesai,
Dikelas baru dia menemukan teman jaman TK yaitu BGS,tapi BGS berbeda
dengan TK nya
“hey,afie… Kamu dikelasi ini ta?”tanya BGS
“Oo iya nich!”jawab afie
“kamu lupa aku ya”balik BGS
“Waduh,Kamu BGS ya jadi lupa-lupa ingat tadi,hehe..”canda afie


Selama setahun belajar bareng sekelas,mereka ketika naik kelas
berpisah afie masuk ilmu alam,sedangkan Bgs ilmu sosial..
Sejak naik kelas,afie pun ikut organisasi ekstra kepramukaan yang
tugasnya mengajar pramuka adik kelas.banyak gangguan dalam menjadi
pengajar pramuka tiap mengajar banyak missed call no.baru
“agh,nie no.siapa ya?”sesal afie
3 bulan berjalan dia pun iseng cerita dengan temennya,kakak kelas bernama Mien.
Tak disangka tapi tak percaya dia tau akan siapa pemilik no itu.
“Oh,no ponsel ini,aku tahu! Tapi belum waktunya kamu tau afie”canda mien
“siapa sich,mien”penasaran afie
Hari terus berlalu kebiasaan itu selalu muncul tak seperti hari
biasanya,akhirnya mien memberitahu dia
“eh,fie itu temen se kost aku,tapi adek kelas mu,di nge fans sama
kamu..SE namane”kata mien
“oh…” sahut afie
Senggang 2 hari muncul pesan SMS dari SE

pinter gambar,boleh minta tolong gk?>
replay to SE

mereka pun terhanyut akan perkenalan,kebiasa pun berulang tiap
malam,selama sebulan dan akhirnya mereka sepakat bertemu di sebuah
lorong kelas antara X dan XI.
“kog,lama ya mas afie” kata SE
tiba-tiba dari kejauhan sesosok cowok berjalan ke arah dia.
“sudah lam ya dek nunggunya”tanya afie
“enggak kug”jawab SE tersipu


Mereka bercakap-cakap,hingga bel masuk berbunyi mereka pun ke kelas
masing-masing.


Semakin hari hubungan mereka semakin mengarah ke suatu hal,seakan-akan
menabur benih rasa cinta baru yang tumbuh daun-daun asmara yang
menghijau.
Hampir satu setengah bulan memperdalami siapa dia dan akhirnya afie
dan SE menjalin asmara,perjalanan cinta sering nyambu

ng putus karena
SE sering tidak pendirian akan cintanya,selalu kurang cocok akan
cowoknya,,hampir tiap bulan pun dia selalu gonta-ganti pacar sebelum
sama afie.kebiasan hura-hura,tak peduli akan sekolahnya membuar Afie
malas memperhatikan SE,Teguran pun akan sifatnya tak membuat dia jera
untuk selamanya tapi hanya sebentar dan besoknya pun kembali akan
semulanya.




Cinta bagai bunga dan kumbang,banyak kumbang menghampiri bunga tapi
harus selektif akan memilih bunga atau pun sebaliknya.
Hingga purna siswa SMA afie masih SE namun jarang berkomunikasi karena
kesibukan masing-masing serta keegoisan di antara mereka.


HARI PERTAMA | saat cinta untuk pertama bersemi lagi,dikala afie dan
SE berjanji bertemu bergurau,ketika hari sore duduk berdua dan di
temani seorang bernama TS
“Mas,enak juga liat pemandangan begini” suka SE
“Iya tuch,..”sahut TS
“Emang,suasana persawahan sejuk banget seperti kamu”rayu afie


Suasana pun semakin larut akan obrolan,tak terasa hari pun semakin
petang,kawanan burung pulang ke sarang seiring itu afie pamitan kepada
mereka
“hari udah sore,kalian berdua pulang ya?,gak enak nich ma ibu kost
kalian”pinta afie
“he’em…!”sahut mereka
“tapi ku menunggu mas sampai dapat mobil pulang”ucap SE
“enggak usah lah. . . Aku bisa sendiri”kata afie
“aku rela kug nunggu mas” kata SE


Akhirnya 20 menit kemudian,afie pulang dengan naik bus yang
menghubungkan kedua tempat itu
“hati-hati ya mas” perhatian SE
“OKEY!” balas afie


Sesampai dirumah kenangan hari pertama selalu terbayang hingga
malam,tidur pun gak bisa… Sesaat kemudian HP afie berdering tanda
pesan baru masuk



kead’n ne,,ajrn q ngrti’n keadn ortuq,,ajrn q jd an’ sng pinter,,q pgn
ky’ mz,,>
Balas berbalasan pesan pun hingga larut malam,akhirnya mereka
tertidur,lupa akan ponsel mereka masing-masing yang masih satu pesan
baru belum terbaca.


SAAT TERAKHIR | selama kurang lebih 6 bulan jalan,mereka pun
memutuskan jalan sendiri-sendiri


Rasa sakit hati pun muncul ketika pohon cinta di tebang,tapi afie pun
tak sedih masih temen cowok cewek seperti IA,MR,US dan RN,maklum afie
punya banyak penggemar.
Suatu hari diapun curhat sama IA,MR,dan US.semua temannya memberikan
suasana baru buat dia tiap hari mereka membuat afie tak patah asa akan
cintanya.
Kegiatan tambahan pelajaran pun menyibukkan dirinya,kan bentar lagi
afie ujian.tiap jenug dia kirim SMS ke MR sekadar bercanda tapi apa
yang terjadi SE pun cemburu,padahal afie udah tidak bersama dia,Gosip
semakin banyak muncul bahwa afie PDKT sama IA,hati SE panas.. 5 hari
berlalu SE Mencoba mengirim pesan singkat pada Afie,
< isi pesan: aku minta ma’f seblmY,nti plg les maz mampir ke kost q
bntr?ada yg ingin ku om0ngin.. Please>


Rasa kaget pun muncul pada afie,”ada apa nich SE kug tiba-tiba SMS
aku” gumam Afie dalam hati
Bel berbunyi,tanda les berakhir..dia bergegas langkah menuju ke kost
SE,senyum pun t’lah menyambut kedatangan dia
“udah pulang mas,duduk disana ya”ajak SE
“OK!..ada apa sih tumben kamu seperti ini,sewaktu berdua aja tidak
biasa?”tanya afie
“udah dch”jawah SE
tak Sabar SE pun bercerita panjang lebar akan tujuan dia
“aku cemburu mas kamu mengirim pesan sama FANS-FANS kamu” sesal SE
“pesan mana?wajar kan aku balas mereka apa salahnya?”balas afie
“pesan ke MR,IA,terus berita tentang kamu mas” jealous SE
“oh,sesama temen kenapa cemburu to,kita kan dah tidak ada hubungan”jelas afie
“iya.. Tapi..” kata SE dengan mata berkaca-kaca
“udah jangan dibuat masalah,cuma ni yang perlu kamu omongin” kata afie
Penjelasan demi penjelasan di ucap kan pada SE,Keegoisan dia pun tak
bisa di kalahkan
“terus apa lagi” tanya afie
“aku pengen kita kembali tapi jangan bilang siapa pun aku malu” pinta SE
“Tidak salah,kenapa kemarin kamu memutuskan secara tiba-tiba,kamu
ingin membuat ku sakit hati lagi” kata afie
“udah ku pikirkan,kemarin ada orang di balik ku yang memaksa untuk
itu,aku janji tidak kan mengecewakan dirimu” ucap SE
“Emang janji mu sulit di pegang,tapi ku percaya jika ada apa-apa lagi
aku tak mau tahu,itu salahmu yang selalu menduakan” sengit Afie


Berjabat tangan mereka,menyepakati perjanjian itu.. Tapi mereka selalu
berantem,karena SE tak seperti dulu sedikit-sedikit cerita..
Perubahan begitu pesat,afie berkeinginan hubungan jelas,karena curiga
akan kebiasaan sebelumnya. . .


Akhir – akhir afie tak mengurusi cinta,dia lebih mengurusi
persahabatan karena afie menganggap hilang satu pacar tumbuh seribu
sahabat sejati,serta dunia jejaring sosial maya seperti
Y!mesengger,facebook,mySpace dia buat menghubungkan dengan teman-teman
lama afie tanpa memperdulikan sifat buruk SE,..


KEKECEWAAN HATI | 3 bulan berjalan,afie kekecewaan pun menghampiri
hatinya yang tulus akan cinta.
“emang hati cewek seperti pepatah kuno,dalam laut dapat di duga,dalam
hati cewek siapa tahu”
saat bersamanya afie tak begitu merasakan yang beda,karena kekasih
yang terakhir menganggap sebelah mata,kehidupan cewek itu serba
glamour.. Padahal tak melihat siapa asal dia..
dalam hati afie berkata “kau tak menganggap diriku ada,no problem..
Tapi ingat! Jangan coba panggil namaku lagi tuk ketiga.. Tanpa ada
kata berpisah,afie tetap acuh tak acuh dengan hubungannya..
“ah.,daripada pusing mikir cewek,lebih enjoy Online FACEBOOK..”
Tak pikir panjang dia ambil ponsel diatas meja,dia cek satu per satu
posting WALL yang baru.
Tiba-tiba pesan singkat masuk
< dari DN : allow… Boz gy paen nich,jgn ngelamun SE aja nich.. >
< balasan to DN : ngelamun, dia no way lah >
percakapan lewat ponsel semakin mencekam,,ketika muncul missed call dari SE
afie : apa kamu missed call
SE : enggak ada apa-apa
afie : iya,tapi pasti qm ada perlu,lao enggak qm,enggak kan call aq..
Kamu tidak pernah menganggap aku ada
Tiba-tiba percakapan pun terputus,di susul pesan singkat darinya
< pesan SE : ma’af ada telfon dari mamaku >
afie hanya menarik nafas panjang “agh tak bosan beralasan sama tiap
hari,bilang selingkuhannya kug susah”
Sifat-sifat SE yang termemori,tak mudah terlupa..dia selalu ingat
perkataan pertama bertemu.




Suatu waktu luang,afie berencana main ke kost dia.sebelumnya, afie
konfirmasi lewat SMS.tak di sangka larangan datang pun keluar dari
mulut manis SE
“Jangan ke sini dulu,aku masih ada ancaman dari anak sini” konfirmasi SE


Afie tak mengurungkan niatnya dan berkata ” apa yang terjadi ini bukan
ancaman,tapi perselingkuhan.. Ah biarin dia..ku kan coba
memata-matai,jikalau apa yang ku kira benar”
perjalanan semakin gundah,di depan teras kost SE ada seorang cowok
sebaya dengan Afie,dia duduk bercakap-cakap mesra.. Afie pun puas akan
kebenaran itu,pulanglah dengan kekesalan


problematika kehidupan rumah pun semakin terpuruk,ketika orangtua
mereka berpisah,sering muncul ancaman dari sang ayah,mulai
fitnah,kekejaman,dan kedzaliman.


Afie tak suka semua masalah itu,mencoba menenangkan pikirin dengan
mem-posting kekesalan hatinya lewat sebuah puisi,sesekali dia bercanda
bersama teman-temannya lewat call-conference..
Calling dari SE pun di hiraukan,Karena kecewa telah di bohongi


Rasa sakit hati yang kian lama tak semakin hilang,membuat afie
memutuskan cintanya,hal ini merupakan jalan terbaik bagi sebelum
terlanjur
“kita daripada begini terus lebih baik sendiri” pinta afie
“yo dah lah.. Terserah jika qm tidak percaya aku” jawab SE
“Emang kamu suka menyakiti perasaan ku,lain dengan ucapan bibir manis
mu” timpal Afie


dalam kesendirian afie lebih bahagia,tentram,sehabis shubuh dia baca
ayat-ayat suci allah SWT.


Di lanjutkan Menulis diary dalam blog-nya,afie menganggap hidup di
dunia bagai roda yang berputar kadang di atas dan dibawah,setiap
manusia mempunyai jalan hidup sendiri sehingga jangan ada iri
hati,,orang-orang mengusik ketenangan hati tapi juga ada yang salut
akan ketegaran sifat dia..
“ah,problematika hidup,di dunia penuh cobaan hambamu yang hina,berilah
setetes kekuatan iman supaya takkan goyah darimu” gumam afie penuh
keharuan


sekian perjalanan cerita asmara afie




PENUTUP | kehidupan seseorang tak bisa dilihat dari harta
kekayaan,banyak orang kaya tidak tenang karena hartanya.
“lebih baik miskin harta daripada miskin hati”


¤ kebahagian seseorang tak bisa dipandang dari raut wajahnya,senyuman
dari seseorang tak bisa membuktikan kebahagian,melainkan seribu
misteri
“kadang kita menangis dalam senyuman”


¤ Tak mudah membaca kehidupan orang lain
” sungai jernih tak bisa di duga kedalamannya “


marilah kita merenungkan hidup, semua manusia pasti punya masalah yang
harus di selesaikan,tak mungkin manusia hidup didunia tanpa
problematika.
# # # # #

cerpen : Daun – Daun Asmara (the short story is real fact)
penulis : fieyanh (andhika nur afian)
kuantitas : 4 bagian + penutup
edisi : september,2009
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

One thought on “Daun Daun Asmara SMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.