Hanung: “Kalau Soekarno Mengubah Dunia, Ahmad Dahlan Mengubah Masjid”

Posted on

Sutradara Muda Indonesia Hanung Bramantyo, mengaku ide pembuatan film tentang KH. Ahmad Dahlan sebenarnya sudah ada sejak 2 tahun lalu. Hanung memang mengaku sangat mengagumi sosok kakek dari salah satu teman sepermainannya waktu kecil itu. Hal ini diungkapkan Hanung Ahad (04/07/2010) di stand Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Pekan Niaga Seni dan Budaya Nasional (PNSBN) UMY dalam acara diskusi film “Sang Pencerah”.

Kekaguman Hanung sangat terlihat saat ia dengan lugas terus menceritakan riwayat hidup KH. Ahmad Dahlan kepada pengunjung pameran yang dengan antusias meninggalkan kegiatan lain untuk datang ke stand LAZISMU. “Kalau Soekarno dulu mengatakan selalu ingin mengubah dunia, saya lebih kagum kepada KH. Ahmad Dahlan yang ingin mengubah Masjid” tutur sutradara film “Ayat-Ayat Cinta” ini. Kekaguman seperti inilah yang sebenarnya melandasi keinginan Hanung agar orang-orang tahu KH. Ahmad Dahlan dengan membuat filmnya.

Hanung berharap dengan film ini paling tidak orang akan mencari tahu siapa itu KH. Ahmad Dahlan. Ia menilai kekuatan media komunikasi seharusnya digunakan secara maksimal dalam melakukan dakwah. Apalagi keadaan sekarang sudah ada Internet. “Anak muda saat ini lebih memilih internet daripada pergi ke masjid untuk mendengarkan pengajian” ujar Hanung.

Film yang akan dibintangi Lukman Sardi sebagai KH. Ahmad Dahlan didampingi Zaskia Adya Mecca ini menurut Hanung akan dirilis lebaran mendatang. Dalam film ini, Hanung juga mengajak Ikranegara, pemeran Pak Harfan pada film Laskar Pelangi. Sujiwo Tejo dan Giring “Nidji” juga diajak memerankan tokoh-tokoh dalam film yang pada awalnya diberi akan judul “Sang Surya” ini. (abi/seabadmuhammadiyah.com)

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.