Instalasi Virtual PC Windows XP Mode Pada Windows 7

Posted on

Takut aplikasi lama anda tidak berjalan pada Windows 7 ? Jangan pesimis dulu. Windows 7 edisi Profesional, Ultimate dan Enterprise dapat dikawinkan dengan Windows XP. Caranya ? yaitu dengan memanfaat teknologi XP Mode pada Windows 7. Teknologi ini adalah pengembangan dari Virtual PC dengan mengadopsi teknologi Virtualisasi yang di implementasikan pada Hyper-V
Ada beberapa requirement Hardware maupun Software untuk dapat memasang XP Mode di Windows 7 Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pastikan bahwa Laptop atau PC anda sudah Support Hardware virtualization. caranya : Bila anda menggunakan Intel Processors, gunakan install tools ini (Intel Processor Identification Utility). dan bagi pengguna AMD Processors gunakan tools ini (AMD Virtualization Compatibility Check Utility).  Kebetulan saya menggunakan Intel processors, berikut ini adalah penampakannya. Intel Virtualization 2 Jika Nilai dari Intel® Virtualization Technology bernilai YES , berarti hardware anda siap untuk menggunakan XP Mode  (lihat gambar). Secara Default, Fitur ini dalam kondisi Disable. Aktifkan/Enable-kan fitur Intel® Virtualization Technology ini melalui setting BIOS .
  2. Selanjutnya adalah Menginstall Windows Virtual PC Beta dan Windows XP Mode. kedua software tersebut dapat anda temukan disini
  3. Untuk mencoba XP Mode anda yang sudah terinstall di Windows 7 anda, coba ketikkan ‘Virtual Windows’ pada ‘Search programs and files’ Box di windows 7 anda (lihat gambar)

virtual startKemudian klik Programs “Virtual Windows XP”  maka XP Mode akan aktif (lihat gambar)
virtual xp

Running Windows XP Mode with Windows Virtual PC

Windows XP Mode merupakan terbaru dari windows 7 Profesional, Enterprise dan ultimate. XP Mode sangat membantu untuk implementasi aplikasi-aplikasi bisnis yang Kompatibel dengan Windows XP namun tidak kompatibel dengan Windows 7.
Windows Virtual PC mengalami perkembangan yang semakin baik diantaranya :

  1. Terintegrasi dengan baik dengan XP mode Setup
  2. Kemampuan mengakses USB Device yang ada di Host, sehingga dari USB tersebut dapat ditanam dalam Virtual Windows Environment . Sehingga perangkat-perangkat yang menggunakan USB Host seperti printer, USB Storage Devices, Smart Card di Host dapat dibagi pakai dengan Virtual Machinenya.
  3. Mampu mengeksekusi aplikasi yang sudah tertanam di Windows XP Mode dari Windows 7 (Seamless Mode).
  4. Clipboard Sharing. Dengan adanya fitur ini, virtual mesin dan host nya dapat berbagi clipboard sehingga aktivitas copy dan paste dapat dilakukan.
  5. Drive Sharing. Drive yang ada di Host langsung terintegrasi dengan virtual Machine. Sehingga dengan mudah Virtual Machine mengakses data yang ada di Host nya.
  6. Printer Sharing antara Host dan Virtual Machine.
  7. Ketika anda menggunakan XP Mode, anda dapat menggunakan Network Connection Windows 7 anda yang terhubung dengan internet, sehingga virtual Machine anda pun dapat mengakses internet juga.

Saat ini, Aktivitas Drag and Drop antara Host dan Virtual Machine belum bisa dilakukan.
Seperti PC-PC pada umumnya, XP Mode juga membutuhkan perhatian tersendiri  dalam hal Windows Update dan Anti Virus.

sumber :
http://mugi.or.id/blogs/suherman/archive/2009/06/11/instalasi-windows-xp-mode-pada-windows-7.aspx
http://mugi.or.id/blogs/suherman/archive/2009/06/24/running-windows-xp-mode-with-windows-virtual-pc.aspx

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.