Linux 3 Segera Gusur Linux 2.6?

Posted on
maskot linux

Linux diperkirakan akan mengalami perubahan cukup besar dalam penomorannya. Linux berikutnya bisa jadi bakal diberi nomor Linux 3.0.

Wacana perubahan penomoran itu dicetuskan oleh Linus Torvalds. ‘Bapak Linux’ itu mempertimbangkan antara Linux 2.8 atau Linux 3.0.

Dikutip detikINET dari Phoronix, Selasa (24/5/2011), Linus mengatakan hal itu dalam emailnya ke mailing-list Linux Kernel. Salah satu alasan Linus adalah, penomoran saat ini sudah terlalu besar.


Kernel Linux saat ini berada di versi 2.6.39 dan akan segera naik ke versi 2.6.40. “Saya mungkin akan menyebutnya 2.8.0,” cetus Linus.

Kemudian, Linus kembali mencetuskan ide penomoran ke Linux 3. “Saya mulai menimang-nimang (penggunaan) 3.0,” lanjutnya dalam email yang terpisah.

Hal lain yang mencetus perubahan penomoran ini, ujar Linus, adalah soal waktu. Saat ini penomoran kernel Linux tidak lagi berdasarkan fitur tapi berdasarkan waktu.

Angka 3, jika jadi digunakan, akan menandakan dekade ketiga kernel Linux. “Mengatakan ‘kami akan memulai dekade ketiga’ saya rasa alasan yang sama baiknya dengan alasan apapun (untuk mengubah penomoran),” ujar Linus.

Perubahan ini disambut cukup baik oleh kalangan pengembang kernel Linux. Padahal ini bukan pertamakalinya ada saran untuk mengubah penomoran kernel Linux.

Agaknya, faktor Linus sebagai pencetus gagasan ini cukup besar dalam meraih dukungan dari para pengembang. Meski demikian, perubahan ini belum resmi diadopsi.

sumber : detikNET

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.