Membagi Postingan Blog Menjadi Dua Kolom

Posted on

kita akan membahas tentang bagaimana cara membagi postingan blog menjadi dua kolom atau bagian. Dengan begitu, postingan kita akan tampil sedikit lebih menarik karena beda dari biasanya. Hal ini juga diperlukan kalau kita membutuhkan sebuah tulisan yang memiliki tampilan dua kolom untuk lebih mendukung sasaran dari penulisan tersebut. Misalnya tulisan tentang perbandingan dua hal yang berbeda, paparan tentang dua kesamaan hal yang sebelumnya kita pikir berbeda, dsb.

Bagaimana cara membuatnya?
Sebenarnya cara untuk membuatnya terbilang cukup mudah. Kita tidak perlu melakukan edit HTML di bagian template blognya. Akan tetapi, kita perlu melakukan sedikit penyesuaian ketika menyusun postingan yang akan kita publikasikan. Saat menulis postingan, jangan menulis pada bagian Compose, tetapi menulis di bagian edit HTML untuk memasukan kode pembagi tulisan yang ingin kita tampilkan menjadi dua bagian atau kolom.
Masukan kode HTML di bawah ini ke dalam bagian kotak edit HTML saat kita menulis postingan.
<table cellpadding=”10″ cellspacing=”10″><tbody>
<tr> <td align=”justify” valign=”top” width=”250″> tulisan yang akan muncul di bagian kiri</td><td align=”justify” valign=”top” width=”250″> tulisan yang akan muncul di bagian kanan</td> </tr>
</tbody></table>
Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membagi postingan blog menjadi dua kolom atau bagian. Dengan begitu, postingan kita akan tampil sedikit lebih menarik karena beda dari biasanya. Hal ini juga diperlukan kalau kita membutuhkan sebuah tulisan yang memiliki tampilan dua kolom untuk lebih mendukung sasaran dari penulisan tersebut. Misalnya tulisan tentang perbandingan dua hal yang berbeda, paparan tentang dua kesamaan hal yang sebelumnya kita pikir berbeda, dsb.Sebenarnya cara untuk membuatnya terbilang cukup mudah. Kita tidak perlu melakukan edit HTML di bagian template blognya. Akan tetapi, kita perlu melakukan sedikit penyesuaian ketika menyusun postingan yang akan kita publikasikan.Saat menulis postingan, jangan menulis pada bagian Compose, tetapi menulis di bagian edit HTML untuk memasukan kode pembagi tulisan yang ingin kita tampilkan menjadi dua bagian atau kolom.

Masukan kode HTML di bawah ini ke dalam bagian kotak edit HTML saat kita menulis postingan.

Keterangan :

Cellpadding merupakan jarak antara tepi kolom dengan tulisan.
Cellspacing merupakan jarak pemisah antara dua kolom.
Width merupakan ukuran lebar masing-masing kolom.
Align digunakan sebagai perintah untuk meratakan tulisan. Pilih lah justify untuk rata kanan kiri, left untuk rata kiri, right untuk rata kanan, dan center untuk rata tengah.
Valign merupakan perataan verikal. Di mana top untuk rata atas, bottom untuk rata bawah dan middle untuk rata tengah.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya?
Ada yang sudah pernah mempraktikannya? Kalau belum, yuk kita mulai mencobanya sekarang. Karena dengan begitu, postingan dalam blog kita akan tampil sedikit lebih menarik dan akan mengundang lebih banyak lagi pengunjung untuk membacanya.

Kalau ada yang ingin bertanya atau menanggapi silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan! Mari kita saling berbagi kebaikan yang bermanfaat.
Salam blogger!

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.