Mengubah Tampilan WindowsXP Menjadi Mirip Vista

Posted on
Interface WindowsXP menjadi Vista
Interface Windows Vista memang sangat berbeda dengan XP, lebih cantik, jernih dan sederhana. Untuk anda yang belum menggunakan Vista pasti penasaran ingin mencobanya. Namun dengan alasan tertentu, menginstal Vista belum memungkinkan. Sebenarnya bila hanya ingin merasakan nuansa interface Vista, tidak perlu mengorbankan biaya untuk upgrade hardware komputer. Cukup dengan windows XP yang sudah dimodifikasi.
Coba perhatikan screenshot diatas, bagus kan? Tapi jangan tertipu, itu bukan Vista, tapi XP. Hanya saja sudah di modifikasi toolbar dan theme-nya menjadi mirip Vista. Mendapatkan nuansa seperti itu tidak harus upgrade ke Vista. Oke…bila ingin XP kesayangan menjadi seperti itu, baca terus!


Sebenarnya banyak cara untuk menjadikan XP menjadi mirip vista. Saya hanya membahas salah satunya. Disini kita gunakan pack tema yang bernama VistaVG buatan Vishal Gubta, Download dulu packnya disini, filenya berukuran sekitar 4 MB.
Kemudian download lagi program yang bernama Styler, disini. Program ini berfungsi untuk membuat toolbar di windows explorer menjadi mirip Vista

Tahap Pertama :
  1. Lakukan ekstrack file VistaVG cukup klik kanan Ekstrak Here agar file mudah dicari . buka folder hasil ekstraksasi tadi dan cari copy folder “Theme” ke root direktori C:windowsresourcesThemes. 
  2. Langkah terakhir masuk ke desktop properties dengan cara klik kanan desktop, pilih properties. Disitu pilih tab ’appearance’. Pada kolom ’Windows and Button’, pilih VistaVG. Kemudian pada ’Color Scheme’, pilih saja ’Basic32’. Nah setelah itu tekan OK. Tunggu hingga prosesnya selesai. Nah, sekarang wajah XP anda akan berubah menjadi lebih mirip Vista.
Tahap Kedua :
Setelah tema sudah berganti menjadi mirip vista, gunakan program Styler untuk merubah toolbar XP menjadi seperti Vista. Pertama ekstrak dulu file kompresi program Styler. Dihasil ekstraksi,disitu akan ada 2 file dan 1 folder. Klik ganda file instalasi Styler, dan instal seperti biasa. Setelah diinstal, Copy folder yang bernama Vista Styler yang ada di hasil ekstraksi ke C:Program FilesStylerTBskinsStyler’s. Setelah itu jalankan program itu.

Program Styler akan mampir ke System Tray, Klik ganda icon Styler yang ada di System Tray untuk menampilkan jendela utama program Styler. Setelah terbuka, buka tab toolbar. Di situ, pilih Toolbar yang akan digunakan. Jika sudah, tutup jendela tersebut.

memilih toolbar
inilah berbagai tampilan MyComputer dan StartMenu :
Tampilan StartMenu dan MyComputer WindowsXP yang Menjadi Tampilan Vista

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.