Plagiatisme = Penjiplakan

Posted on

Dalam media cetak dan online banyak membeberkan berita tentang penjiplakan sebuah wacana atau artikel. Yang membuat bingung itu apa yang di sebut plagiat “penjiplakan” dan menulis artikel dengan mencantumkan sumber-sumber materi yang di peroleh.

Kadang penulis blog / blogger menulis teks dengan mengambil fenomena yang telah “booming” di media pemberitaan. Yang sedikit mencuplik fakta untuk menguatkan tema opini yang di angkat.
Saya pun kadang juga seperti itu surfing di dunia maya, mengumpulkan informasi dari berbagai situs berita,untuk diolah dan di tanggapi dengan sedikit menonjolkan ide pemikiran penulis. Baik berupa saran maupun tanggapan negatif dan positif.

Misal orang menulis sebuah artikel,namun ditengah-tengah adalah berupa teks copy-paste dari berita lain, apakah itu penjiplakan? Tulis komentar anda di kotak komentar!… Daripada kita tidak tahu lebih baik bertanya. Dunia tulis – menulis memang sangat tajam, yang mampu mengasah daya pikir seorang menanggapi fenomena sosial masyarakat, ekonomi, alam, dll.

Dalam merebaknya dunia tulis maya “blogging”. Banyak orang menilai keaslian wacana yang diambil, saking banyaknya kadang juga bingung mana yang betul “independent” dalam menulis. Bayangkan ketika kita search melalui “mbah GOOGLE” pasti muncul berbagai artikel dengan isi yang hampir mirip-mirip satu sama lain. Mereka merebutkan urutan di sana.

Plagiatisme “penjiplakan” menurut ku menulis ulang suatu teks tanpa ada perubahan, tanpa ada asal teks, dan diakui karya aslinya.

Semakin bingung juga ku. mau menulis, nanti dikira “nyuri” di lain tempat.. Menulis merupakan hobi ku, hampir setahun lebih enam bulan saya bergelut dalam blogging dan bermain SEO. Sekarang lebih hati – hati dalam menulis di forum maya yang bisa di klik di seantero negeri.
Salam putra Pantura.
(artikel renungan/fie)

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.