Simak Tips Sederhana Berpergian Di Musim Hujan

Posted on

perahulayarkertas.com – Bulan Desember mungkin menjadi hal yang tidak asing bagi sobatnet pantura, yaitu bulan yang dimana setiap hari sering turun hujan. Nah bagi sobat yang sering ber-travelling ria mungkin akan selalu safety di kondisi seperti ini. Sobatnet pantura yang berpergian baik menggunakan transportasi umum maupun pribadi, jangan khawatir dulu ya saya punya tips yang mungkin dapat sobat gunakan saat kondisi musim penghujan.

Berdasarkan informasi BMKG yang dituliskan pada halaman resminya bahwa Awal Musim Hujan 2017/2018 di sebagian besar daerah diprakirakan mulai akhir Oktober – November 2017 sebanyak 260 ZOM (76.0%) dan mengalami puncak musim hujan pada Desember 2017-Februari 2018. Sehingga Sobatnet pantura harus waspada saat travelling, perlu ekstra hati-hati dengan kondisi daerah yang rawan bencana. Maka dari itu si mimin punya tips bagi yang berpergian menggunakan transportasi umum maupun pribadi khususnya roda dua alias motor.

Tips yang pertama khusus pengguna jasa transportasi Umum :

  • Bawa Payung atau mantel

Kenapa harus bawa paying atau mantel sobat, karena keduanya digunakan saat antisipasi saat kita turun di halte atau tempat tujuan saat kondisi hujan. Hal tersebut menjadi langkah awal agar tubuh dan bawaan kita tidak basah. Dan selanjutnya bisa dilakukan tanggap darurat lainnya.

  • Bawa Senter

Kenapa senter penting? Hal ini sepele tapi bermanfaat loh sobat.. pengalaman si mimin saat berpergian, waktu turun kendaraan listrik sekitar padam saat hujan gerimis di malam hari. Nah sehingga senter ini juga penting kan.

  • Gunakan Sendal / Sepatu Anti Basah.

Sendal merupakan bawaan wajib ketika musim hujan, ketika bepergian dikondisi hujan, sobat belum tentu tahu bagaiman kondisi lokasi tujuan sebelumnya. Banjir…!! Nah itu sandal / sepatu yang terbuat dari plastic menjadi penolong kita untuk melewati genangan air.

  • Bawa Kantong Plastik

Loh kantong plastic kok penting sih min?? iya dong, perkembangan jaman teknologi yang serba canggih saat ini orang pasti menggunakan lebih dari satu gadget (Smartphone, Tablet, Smartwatch, Laptop, Dll). Apa sobatnet pantura tidak takut gadgetnya basah-basah ria, jawabannya pasti TIDAK!! Dengan ini kantong plastic menjadi penting untuk membungkus alat-alat gadget kalian.

  • Gunakan Tas Ransel yang tersedia antihujan (Rain Cover Bag).
  • Jangan Lupa Bawa Masker, Untuk melindungi partikel-partikel kecil setelah hujan maupun asap kendaraan.
  • Berdoa, Agar perjalanan anda selamat sampai tujuan.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat dan nantikan tips berikutnya saat berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Pesan saya tetap hati-hati dijalan saat berpergian di musim hujan.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

8 thoughts on “Simak Tips Sederhana Berpergian Di Musim Hujan

  1. Aku jadi ingat, tahun lalu mengajak keluarga dari Jakarta main2 ke Batu. Berangkat dalam keadaan cuaca cerah, eh begitu masuk ke dalam lokasi mulai mendung dan hujan deras. Kami lupa membawa payung apalagi jas hujan. Untung pihak wisata memberikan pertolongan. Ada pinjaman payung dan jas hujan.

  2. Alhamdulilah, selalu bawa kantong plastik buat barang2 elektronik. Meski tas tahan air tp blm lengkap dan yakin aja gak kebasahan kalo blm dilapisi kantong plastik. Makasih Kang Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.