Teknologi Digital Untuk Kemajuan Petani Masa Kini

Posted on

Teknologi Digital Untuk Kemajuan Petani Masa Kini, apa yang dibenak kalian saat membaca judul dari artikel saya? siang yang panas mencoba memberikan informasi yang sudah lama mungkin kalian disana belum pernah menggunkannya. Petani? yuk kita belajar siapa dia dan bagaimana pekerjaan, nasib petani, dan apa karya yang diberikan untuk kita.

Siapa itu Petani?

Tentu kita pasti tahu dari mana asalnya nasi? dari beras, beras dari mana? dari padi. siapa yang menanamnya? jawabnya pasti petani. sehingga petani dari istilah KBBI berasal dari /ta·ni/ yang artinya mata pencaharian dalam bentuk bercocok tanam; mata pencarian dalam bentuk mengusahakan tanah dengan tanam-menanam. dengan mendapat awalan petani /pe·ta·ni/ sehingga menghasilkan makna orang yang pekerjaannya bercocok tanam.

Bagaimana Petani Bekerja?

Petani bekerja bercocok tanam ada yang musiman, ada yang menggunakan air hujan untuk pengairan adapula yang menggunakan irigasi sumur artesis. Bila Anda tidak bertumbuh di lingkungan pertanian, Anda bisa dengan mudah membayangkan romantisme kehidupan seorang petani : Anda menganggapnya meditatif, rileks, dan jauh dari kebisingan “kehidupan perkotaan”.

Aplikasi Masa Kini Yang mampu memberikan edukasi untuk petani

Berdasarkan Artikel yang ada di media teknologi.info, Rudiantara mengatakan banyak permasalahan petani yang dapat diselesaikan dengan penggunaan teknologi mobile, “Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah juga mendorong petani atau UMKM Indonesia untuk Go Digital.”

Berikut ini adalah 5 aplikasi untuk membantu nasib petani di Indonesia.

  1. Petani, Petani ini merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengetahui berbagai informasi tentang dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik, sampai kepada cara mengatasi dan menanggulangi berbagai jenis penyakit tanaman.
  2. Aplikasi TaniHub, Aplikasi ini dibuat agar pengguna bisa mendapatkan hasil dari petani secara langsung dengan produk segar, harga adil, dapat dipesan dengan cepat dan mudah.
  3. LimaKilo, Aplikasi ini dibuat untuk menghubungkan petani secara langsung dengan konsumen baik pembelian besar maupun kecil. Sistem transaksi terbuka sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak hingga mendapatkan harga yang optimal
  4. Pantau Harga, Aplikasi yang dirancang dengan Fitur utama aplikasi adalah Cek Harga, Kirim Harga dan Jual Komoditas.
  5. Nurbaya Initiative, untuk membantu petani atau UKM untuk menjual produk melalui platform yang disediakan. Platform tersebut adalah toko online yang dibuatkan tim Nurbaya Initiatives, dibantu juga promosinya.

 

Dengan bacaan dan edukasi Teknologi Digital Untuk Kemajuan Petani Masa Kini, dapat memberikan masukan positif dan semangat dalam pertanian masa kini, dengan mendorong kreatifitas para petani.

Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *