Mudik Asik (Sumber : indonesiakoran.com)

Tips Mudik Lebaran Aman, Silaturahmi Tenang

Posted on

Ramadan sudah memasuki hari ke-23, lebaran sudah semakin dekat. Kawan blogger semua yang sedang merantau gimana? nggak kangen dengan daerah kampungnya, pulang kampung yuk..!! sebagai pemudik yang disiplin harus selalu berhati-hati dijalan raya karena dominan ketika mudik banyak pengendara roda dua, banyak yang perlu disiapkan dari segalanya kesehatan fisik, oleh-oleh, dan pastinya uang saku dikampung. Melihat berita televisi swasta geliat mudik sudah semakin meningkat.

baca : Sambut lebaran 2018 , Wisata Sowan ada Wahana Baru

Apa saja blogger keren yang dibawa saat mudik, pastinya harus kamera, alat menulis blog, koneksi internet saat diperjalanan. Karena blogger bisa menyampaikan situasi arus lalu lintas terkini. Bagi Blogger yang mudik jauh hingga lebih harus waspada ketika meninggalkan rumah. Kali ini saya memberikan tips Mudik Lebaran Aman, Silahturahmi Tenang.

Tips sebelum mudik pulang kampung :

1. Cek Segela Kondisi Rumah

Kunci Pintu

Mengapa cek kondisi rumah ini diperlukan? karena dirumah banyak perangkat dan hal yang terkait jika lupa bisa membahayakan lingkungan dan kerugian. Kerugian yang disebabkan jika terjadi kebocoran air, konsleting, pencurian dan hal lainnya. Jadi yang perlu kita ingat saat sebelum meninggalkan rumah untuk pulang kampung yaitu : Memutuskan Aliran Listrik, Mematikan Saluran Utama Air, Mencabut Selang Tabung Gas, Mengunci Pagar dan Pintu Rumah, dan yang kadang sering terlupakan yaitu pamit kepada Ketua RT atau RW setempat jika anda akan melakukan mudik di kampung halaman dengan batas waktu yang ditentukan, sehingga pihak rukun warga bisa waspada dan saling menjaga keamanan.

2. Pastikan Kondisi Perjalanan Anda Lancar

Peta Mudik 2018

Kondisi jalan lancar sangat diharapkan para pemudik, agar cepat sampai dikampung halamannya. Mereka tidak sabar ingin bertemu kerabat dan sanak kelaurga yang dikampung halaman, kadang juga masih menyempatkan berbuka puasa bersama di hari-hari akhir ramadan. Agar sobat blogger tidak terjebak kemacetan perlu diperhatikan peta mudik tahun 2018 yang telah ada di internet. Jaman now banyak juga yang menggunakan aplikasi maps atau sejenis yang dirasa mampu memberikan jalur alternatif. Dapatkan Peta Mudiknya disini

3. Gunakan Sistem Informasi CCTV

Untuk memantau jalur secara realtime, kita bisa menggunakan sistem informasi yang diberikan dari dephub dalam mudik 2018 ini memberikan pelayanan live CCTV (Coba) . Dari Sistem informasi itu kita bisa melihat situasi jalur utara, tengah, selatan, live terminal poros, baik dari CCTV, mobile, maupun drone.

4. Persiapan Isi Ulang Kartu TOL elektroniknya (E-Toll)

Pambayaran Dengan E-Toll

Hal sepele namun penting ialah mengisi saldo kartu e-toll. Pastikan saldo e-toll mencukupi untuk perjalanan mudik maupun perjalanan kembali ke Jakarta. Kamu bisa mengisi di gerai retail modern seperti Indomaret dan AlfaMart. Ingat, meskipun ada fasilitas bisa ulang e-tol di beberapa gerbang tol, sebaiknya kamu isi ulang di luar gerbang tol karena kadang terjadi gangguan sehingga bisa menimbulkan kemacetan parah. Jangan lupa isi ulang dengan jumlah yang cukup, misalnya Rp 1 juta. Namun pastikan kartu e-toll tersebut tersimpan dengan baik. Jika hilang, kartu e-toll tersebut bisa digunakan siapa saja, karena penggunanya bisa menggunakannya tanpa perlu menggunakan PIN.

5. Menyediakan Peralatan Pendukung

Menyediakan perangkat pendukung mobil. Seperti dongkrak, kotak P3K serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan kamu mengalami masalah sehingga harus tersedia di dalam mobil.

 

Dengan tips kali ini semoga sobat blogger, merasakan kenyamanan dan kebahagian dibulan kemenangan di bulan suci idul fitri bersama saudara, sanak famili dan kerabat dekat di kampung halamannya.

 


Admin Perahu Layar Kertas
Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir dan Batin
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

7 thoughts on “Tips Mudik Lebaran Aman, Silaturahmi Tenang

  1. makasih tiosnay, paling deg2 itu kalau di jalan , motro banyak seklai dan bikin pusing krn mereka banyak yang gak tertib

  2. Persiapan mudik alhamdulillah lancar. Makasih bgt tips nya tinggal persiapan fisik menghadapi kemacetan ditol apalagi denger denger udah byk kecelakaan. Mudah mudahan semua yang mudik diberikan keselamatan hingga sampai tujuan amin. Happymudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.