VW Beetle Generasi Terbaru

Posted on
Setelah 13 tahun tidak bersolek mobil legendaris Volkswagen Beetle akhirnya tampil lebih trendy. Volkswagen menyempurnakan tampilan Beetle agar lebih modern.
Terakhir kali New Beetle bersolek pada tahun 1998, selama model terakhir ini hidup, telah ada 1 juta New Beetle yang berpindah ke garasi konsumen untuk menggenapi prestasi penjualan Beetle selama hidup menjadi lebih dari 20 juta unit di seluruh dunia. Versi terbaru diperlihatkan di Shanghai dan New York ditambah sebuah acara di Berlin.

Beetle versi terbaru seperti dilansir situs resmi VW, Selasa (19/4/2011) memiliki dimensi 4,278×1,808×1,486 meter (PxLxT) atau lebih lebar 84 mm, lebih rendah 12 mm dan lebih panjang 152 mm dan tentunya akan lebih lapang dibanding versi terdahulu. Meski masih mengusung desain retro, penampilan Beetle terbaru tampak lebih segar.

Fitur baru untuk Beetle antara lain lampu LED daytime running lights, lampu bi-xenon, sebuah spoiler belakang yang terintegrasi, dan roda yang lebih besar karena akan disediakan hingga ukuran roda 19 inci.

Sementara untuk mesin akan ada tiga unit mesin bensin turbocharged yang siap dipilih dengan variasi tenaga antara lain mesin 1,2 liter bertenaga 103 bhp, mesin 1,4 liter dengan 158 bhp dan mesin 2.0 liter dengan tenaga 197 bhp.

interior VW Beetle generasi terbaru

Selain itu ada sepasang mesin turbodiesels berkekuatan 103 bhp (1.6 liter) dan 138 bhp (2.0 liter). Semua mesin itu akan ditemani transmisi  seven-speed dual-clutch. Masing-masing negara akan memiliki mesin Beetle yang berbeda disesuaikan dengan kategori benua.

Untuk urusan kecepatan, mobil yang didesain oleh VW Group Design Chief Walter de’Silva dan VW Brand Design Boss Klaus Bischoff ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan 208 km per jam.

Kumbang terbaru ini akan dibangun di pabrik VW di Meksiko dan diharapkan akan bisa mulai dijual pada tahun depan. Meski nama aslinya Kumbang, masyarakat Indonesia lebih mengenal mobil ini dengan sebutan VW Kodok.

Sekilas tentang Beetle:

  • Diluncurkan di Amerika September/October 2011, Eropa pada October-November 2011, Asia Februari 2012, Amerika Selatan akhir 2012 atau awal 2013
  • Karakter Beetle terbaru: “Beetle”, “Design”, “Sport”
  • Variasi mesin: 105 PS sampai 200 PS
  • Konsumsi bensin paling irit 4,3 l per 100 km (untuk mesin 1.6 TDI)
  • Debut perdana Beetle: 1938
  • Debut New Beetle: 1998
  • Total unit Beetle di seluruh dunia sampai saat ini: lebih dari 22,5 juta
Gravatar Image
Suka jalan-jalan, naik sepeda, bermain code-code asal tidak suka mengkode cinta. Hubungi email : andhika.na@gmail.com jika anda butuh website untuk personal maupun bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.